Analisis Pekerjaan
Analisis pekerjaan merupakan proses sistematis dalam mengumpulkan semua informasi
tentang pekerjaan
untuk menyiapkan deskripsi
dan spesifikasi pekerjaan.
Analisis pekerjaan dapat digunakan
sebagai
informasi tertulis mengenai
pekerjaan apa
saja
yang harus dikerjakan dalam suatu perusahaan agar
tujuan tercapai.
Hasil dari
analisis pekerjaan adalah deskripsi pekerjaan; daftar tugas,
tanggung jawab, aliran pertanggungjawaban dan pelaporan, kondisi kerja dan spesifikasi
pekerjaan.
Urgensi analisis
pekerjaan : Menentukan tugas-tugas dan keterampilan
yang dibutuhkan; Membuat list tugas, tanggung jawab, pelaporan, kondisi kerja,
supervisi jabatan/pekerjaan
Tujuan utama menerapkan analisis pekerjaan adalah untuk mempersiapkan
deskripsi dan spesifikasi pekerjaan yang dapat membantu upaya peningkatan kaulitas tenaga kerja.
MANFAAT ANALISIS
PEKERJAAN, berikut beberapa manfaat melakukan analisis pekerjaan :
1. Analisis pekerjaan membantu organisasi
untuk membuat perubahan yang sesuai dengan struktur
organisasi, sehingga dapat
memenuhi kebutuhan dan persyaratan organisasi.
2. Analisis pekerjaan menyediakan informasi
tentang
deskripsi dan spesifikasi pekerjaan, serta karakteristik SDM yang dibutuhkan menyelesaikan pekerjaan tersebut.
3.
Berdasarkan persyaratan
kerja yang diidentifikasi
dalam analisis pekerjaan, perusahaan memutuskan jenis
dan program
pelatihan tertentu.
4.
Dengan melakukan analisa
pekerjaan maka promosi dapat diberikan kepada karyawan dasar keterampilan,
bakat
dan kepribadian
yang diperlukan untuk jenis pekerjaan yang lebih
menantang dan lebih prospektif.
Sumber :
1. http://www.pendidikanekonomi.com/2012/11/pengertian-analisis-jabatan- dan.html
2. http://www.whatishumanresource.com/job-analysis
3. https://winpsikologi.wordpress.com/2012/04/23/pengertian-dan-tujuan-analisis-jabatan/
4. www.ittc.co.id/analisis-jabatan.php
5. http://catatankecik.blogspot.com/2013/12/analisis-jabatan-dan-perencanaan-sdm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar